Return to site

Mengapa Mata Kucing Menyala di Malam Hari?

PT Rifan Financindo - Kucing adalah hewan peliharaan yang populer di dunia. Selain itu, kucing juga memiliki kesan imut.

Akan tetapi, beberapa orang menanyakan mengapa mata kucing bersinar dalam kegelapan, sehingga memberikan kesan tatapan yang jahat.

Baca juga :

Dilansir dari Petsbest, ternyata mata bulat besar kucing memang diciptakan untuk beroperasi jauh lebih baik dalam kondisi kurang cahaya dan gelap dari mata manusia.
 

Sebagai pemburu yang aktif saat fajar dan senja itu merupakan momen terbaik untuk mengintai mangsa. Berikut ini beberapa alasan mengapa mata kucing bersinar dalam kegelapan.

Pertama, lihatlah matanya pada malam hari di bawah lampu yang terang, pupil berbentuk elips bukan melingkar. Saat di bawah cahaya lampu pupilnya menyempit karena melindungi retina yang sensitif dari kerusakan. Sedangkan saat keadaan gelap pupilnya melebar untuk mengakomodasi pencahayaan yang lebih rendah.

Pupil akan memenuhi matanya sehingga membuat matanya terlihat hampir hitam seluruhnya.

Kedua, cahaya merah yang ada pada mata disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan dari lapisan jaringan yang disebut “tapetum lucidum”.

Istilah Tapetum Lucidum adalah bahasa latin yang berarti “bright carpet”. Lapisan tersebut melapisi bagian belakang bola mata dan di bagian belakang retina.


Hal ini berfungsi seperti cermin yang mencerminkan cahaya yang tidak diserap saat melewati retina. Hasilnya adalah cahaya yang menakutkan saat mata kucing menangkap sinar di ruangan gelap.

Menariknya tak semua mata kucing akan berwarna merah di malam hari. Itu semua tergantung dari warna mata asli kucing. Tak hanya merah, terkadang berwarna biru dan kehijauan. PT Rifan Financindo.
Sumber : Okezone